Panduan Dasar Pra-Intallasi Toko Online dengan Prestashop

blogger templates
Toko online merupakan sistem kerja toko yang dirancang teknis melalui website dengan dukungan server jaringan yang terintegrasi dengan sistem transaksi secara online. Dalam membangun toko online yang mutlak diperlukan adalah sebuah website untuk menampilkan produk-produk yang akan diperjual-belikan. Kelebihan memiliki toko online dibandingkan dengan toko biasa (ruko/kios) adalah sistem layanan dan showroom yang dibangun akan terpublikasikan 24 jam nonstop dan layanan jarak jauh yang sangat mudah diautomatisasi. 

Dengan memiliki sebuah toko online, maka peluang mendapatkan konsumen yang meningkat dan terurukur, karena sistem toko online telah diciptakan sedemikian rupa user frienndly dengan layanan online yang serba otomatis, kita tinggal nunggu bayaran setelah konsumen melakukan pembelian melalui website toko online tersebut.

Untuk dapat memiliki toko online sangatlah mudah, tidak seribet memerlukan skill pemrograman web, anda cukup melakukan installasi sebuah CMS toko online. CMS adalah akronim dari content management system, CMS ini banyak ragamnya, ada yang untuk website biasa, web forum, Social Media, dan juga toko online atau Store.

Salah satu CMS toko online yang banyak digunakan para pedagang yang sudah sukses di bisnis online  adalah CMS Prestashop yang sangat mudah dan sangat aplicable. Prestashop adalah sebuah layanan terbuka (open source) yang bermarkas di inggris. Produk aplikasi web berbasis e-commerce ini berdiri sejak tahun 2007 dan terus berkembang hingga ke pelosok dunia dengan menawarkan aplikasi yang user friendly. 

Sejak artikel ini ditulis versi terakhir yang resmi dirilis adalah Prestashop Versi 1.5.4. PrestaShop telah merevolusi industri dengan menyediakan fitur yang melibatkan pembeli dan meningkatkan penjualan online. Tim Support Prestashop terdiri dari lebih dari 70 orang ahli dan lebih dari 450 000 relawan yang tergabung dalam komunitas prestashop yang didedikasikan untuk inovasi teknologi toko online.

Bagaimana Memulainya? 

Untuk dapat memiliki toko online dengan Prestashop, yang bekal utama harus anda lakukan adalah:
  1. Pastikan anda sudah terbiasa mengetik di komputer, tidak harus bakat komputer 
  2. Jika anda kuat 1 jam berhadapan dengan komputer, peluang anda akan lebih cepat belajar Prestashop 
  3. Tentunya anda harus online untuk mendapatkan aplikasi tersebut.

Bekal teknis, tahap #1 
  1. Pastikan anda memasang server lokal di komputer anda, biasanya menggunakan aplikasi Xampp. Jika komputer anda belum memiliki aplikasi ini silahkan pelajari dahulu langkahnya dengan membaca posting "Tutorial Installasi server lokal dengan Xampp"
  2. Silahkan anda download aplikasi CMS Prestahop disini
Screenshot Download Prestashop

Bekal teknis, tahap #2
  1. Jika anda sudah berhasil mengunduh aplikasi Prestashop silahkan periksa hasilnya, file tersebut berbentuk file .zip (kompressi) 
  2. Ekstrak file .zip Prestashop yang berhasil diunduh (klik kanan ekstrak file)
File Installer Prestasho pada Windows Explorer


Bekal teknis, tahap #3
  1. Setelah diekstrak, maka segera copy folder prestashop 
  2. Paste di folder server lokal Xampp, pada direktori /htdocs (pastikan server lokal Xampp sudah terinstall di komputer anda), jika belum silahkan pelajari panduan "Installasi server lokal Xampp"
  3. Ganti nama file prestashop dengan nama domain toko online yang kamu inginkan, contoh; zahra 
  4. Buka internet browser anda (mozila, google chrome atau yang lainnya) 
  5. Buatlah database untuk menyimpan file toko online dengan cara ketikkan pada internet browser anda : localhost/phpmyadmin/ 
  6. Tekan Databases 
  7. Create database; contoh "zahradb" (tidak perlu memakai tanda " ) 
  8. Jika database sudah dibuat, maka bersiap-siap anda berdebar-debar memiliki toko online.
Catatan : toko online yang anda bangun berdasarkan panduan di atas masih bersifat localhost, belum dipindahkan ke hosting berbayar. Untuk lebih singkatnya anda melakukan installasi toko online Prestashop secara lengkap bisa anda pelajari pada postingan "Tutorial installasi prestasi di server local ". Dari panduan Pra- Installasi di atas anda pasti berdebar-debar pengen punya toko online segera seperti toko online yang sudah terkenal,.lihat contohnya disini

Demikian Pra-Installasi Prestashop ini, semoga membantu. Orang pintar harus sabar! 

Salam Blogger Sabar.

0 Response to "Panduan Dasar Pra-Intallasi Toko Online dengan Prestashop"

Posting Komentar

Salam Cinta..,
Berkomentar lah secara sehat dan santun
Kesantunan kita adalah cermin pribadi kita