Tutorial Installasi Server Local Host dengan Xampp

blogger templates
Apa itu host?
Hosting dalam dunia internet merupakan kebutuhan yang sangat vital. Tanpa adanya hosting maka, aktifitas dunia internet akan mati. Untuk memahami apa itu hosting, maka kita juga perlu mengenal yang namanya server. Sederhananya, server adalah sebuah mesin komputer dengan dilengkapi sistem operasi (Windows, Linux) yang menjadi daya penyimpan dan pusat akses data dan mampu memberikan akses antar jaringan baik dalam jaringan lokal maupun online.

Sementara host adalah aplikasi yang mengiringi server tersebut, yang menjadi penggerak akses data. Bahasa yang lebih awam, host atau hosting adalah aplikasi yang menggerakan akses data sebuah web sehingga dapat diakses di komputer secara online.

Nah, saat ini bahasan kita adalah tentang Local Host. Dalam dunia internet Local Host menjadi kebutuhan utama dalam melakukan maintenance sebuah web. Local Host inilah yang menjadi senjata para programmer web untuk melakukan programming dan desaigning. Bahasa otodidaknya, bahwa Local Host adalah aplikasi yang di-install di komputer pribadi untuk melakukan maintenance web sebelum kita meng-onlinekan website di persewaan hosting yang berbayar. Salah satu aplikasi penyedia Local Host adalah Xampp, sebuah produk aplikasi open source yang kaya fitur dan user friendly. Bagi siapa pun yang ingin mempelajari Xampp, maka akan cepat terampil mengelola sebuah web.

Bagaimana Installasinya?
Ayo, Langsung kita akan memulai meng-install server Local Host dengan Xampp.
  1. Unduh aplikasi Xampp server di website resminya => www.apachefriends.org/
  2. Setelah berhasil diunduh, file setup installer langsung dijalankan 
  3. Next sampai finish
  4. Buka xampp panel yang sudah berhasil ter-install 
  5. Jalankan masing-masing fitur
  6. Fitur utama: Apache dan MySql (klik tombol start)
  7. Test di internet browser anda
  8. Ketik : localhost/phpmyadmin
  9. Halaman phpmyadmin inilah halaman untuk mengelola database sebuah website.
Screenshot untuk langkah ke 2

Screenshot untuk langkah ke 4, 5, 6 

Screenshot untuk langkah ke 8



Demikian panduan singkat installasi Xampp Server Local Host. Bila ada kekeliruan penuliasan dan pembahasan, mohon dimaklumi. Khan Autodidak.. Semoga bermanfaat.


Salam Blogger, Salam Autodidaker.

0 Response to "Tutorial Installasi Server Local Host dengan Xampp"

Posting Komentar

Salam Cinta..,
Berkomentar lah secara sehat dan santun
Kesantunan kita adalah cermin pribadi kita