Amankah? Eksternal Cable untuk Hard Drive Komputer

blogger templates
Kemajuan teknologi informasi tidak saja terjadi pada bidang sistem aplikasi (software), namun sudah menular pada sistem hardware. Optimasi hardware dengan beragam model dan interface ditawarkan banyak vendor komputer baik lokal maupun internasional. Salah satu kemajuan dalam sistem optimasi hardaware adalah dengan banyaknya produk-produk hardware dengan model koneksi portable yang dipasarkan. Produk-produk portable saat ini benar-benar menjadi daya pikat orang untuk merekayasa sistem komputer (PC), bagi seorang teknisi komputer mutlah harus update mana-mana haedware yang telah diinovasi dengan sistem portable, bukan hanya sekedar mengenal Flashdisk saja yang berbasis USB.

Perlu menjadi perhatian para teknisi, bahwa produk portable yang banyak dipasarkan memang saat banyak mengandalkan integrasi USB dalam inovasinya, karena memang sistem USB sudah didesain satu-satunya sistem port yang sangat mudah operasikan bagi user komputer. Dengan telah meratanya slot komputer yang berbasis sistem USB, maka segala macam hardware berpeluang akan direkayasa dengan portable. Sebagai contoh yang saat ini banyak dipasaran adalah Hard Drive Eksternal Cable.

Apa itu Hard Drive?
Sebagaimana dikupas dalam Wikipedia, Hard Drive dikenal dengan "Cakram keras" (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Eksternal Cable untuk Hardrive
Pernahkan anda kebingungan memiliki hard drive dengan kapasitas besar tapi "nganggur" tak terpakai? jangan bingung, beli aja.. Eksternal Cable  Hard Drive untuk coba-coba transfer data atau backup data. Berikut Saya akan berbagi skill autodidak berkaitan dengan inovasi lokal dan penerapannya berkaitan dengan sistem optimasi hardware. Saat ini, kita akan analisa tingkat keandalan satu produk jenis hardware portable. Baca terus postingan ini!. 

Langsung lihat screenshoot dulu ..

Kabel Adaptor USB 2.0 to Sata/IDE, CDR/CDRW, DVDR/DVDRW
Gambar di atas adalah salah satu produk merk China, memang sekilas meragukan kemasan dan modelnya. Ini adalah salah satu model Eksternal Cable Hard Drive yang sedang diuji untuk installasi sistem perator. Bersyukur.. berhasil, melakukan 2 kali installasi sistem operasi, yakni Win 7 Ultimate dan Win XP3. Namun sayang menghabiskan durasi waktu lebih dari 2 jam. 

Installasi Win 7/XP lebih dari 2 jam capek..  maklum lah PC-nya Netbook Dell Mini prosessro atom 1,6 G Ram 1G. jadi wajar segitu lama.

Tampilan Slot dan Port pada DVD Drive saat Installasi

Proses copy data windows XP3
Alhamdulillah .. akhirnya Windows 7 dan XP3 berhasil terinstall di Netbook supermini produk Dell, memakan waktu lebih dari 2 jam. Sorry yang windows 7 tidak terdokumentasi untuk screenshoot.

Eksternal Cable Drive di atas adalah masih garansi 3 hari beli di toko INK Shop Computer di pusat aksesoris DC Mall Lt.1 - Batam. Saat membeli memang perasaan ragu terus berkecamuk, maklum pernah pengalaman sekali berniat membeli produk ini tapi gagal testing. Untungnya barang itu ditest di toko jadi saya gagal beli dan tidak rugi.

Nah, saat ini pengalaman kedua berhasil beli, namun pihak toko tidak menerapkan sistem testing toko tapi berlaku garansi 3H tukar barang yang sama (syarat ketentuan berlaku; kata pelayan..).

Eksternal Cable Drive yang saya beli, niatnya akan saya gunakan untuk portable hardisk SATA 500G produk SEAGATE. Setelah ditest di rumah, sama sekali tidak ada tanda-tanda kalau kabel itu hidup/normal. Ehh.., ternyata ada yang kendor pada port adaptornya. Saya kuatkan port adaptornya, akhirnya lampu ON adaptor nyala. Namun, sayang seribu sayang drive pada windows eksplorer tidak berhasil terkoneksi, malahan muncul perintah format hardrive. Wow.., sayang kalau diformat, datanya super buaaaanyak.., akhirnya saya cancel. Dan memang tidak bisa ngangkat setelah diulang-ulang koneksi. 

Analisa saya bahwa hardisk SEAGATE tidak bisa/support untuk diportable. Hari kedua saya uji menggunakan DVDRD untuk installasi Windows. Semakin menimbulkan TANDA TANYA? Apa sebenarnya keandalan Eksternal Cable Drive. Dalam benak hati sistem Eksternal Cable Drive yang direkayasa sangat beresiko untuk keamanan data hardisk, karena daya listrik yang dialirkan ke hardisk dipaksakan stabiltasnya, meski daya listriknya sudah sesuai ukuran listrik PLN. 

Bagaimana menurut Anda? sudah pernahkan mencoba Eksternal Cable Drive? silahkan sharing disini. Salam blogger, salam cinta, rindu dan harmoni.

0 Response to "Amankah? Eksternal Cable untuk Hard Drive Komputer"

Posting Komentar

Salam Cinta..,
Berkomentar lah secara sehat dan santun
Kesantunan kita adalah cermin pribadi kita